Tuesday, March 04, 2008

BLOG : SATU KEAJAIBAN INTERNET

Dalam himpunan internet terdapat anggotanya yang bernama blog. Blog merupakan keajaiban internet yang memberikan banyak manfaat bagi umat manusia seperti halnya email. Hal ini nampak dari banyaknya orang yang membuat dan menggunakan blog untuk beragam tujuan. Saya sendiri berkenalan dengan blog sejak tahun 2005 melalui seorang saudara yang telah memiliki blog terlebih dulu. Menggunakan situs www.blogger.com, saya mengekspresikan pikiran melalui blog yang bernama My Mind.

Justin Hall, disebut-sebut sebagai orang pertama yang membuat blog di tahun 1994. Ia membuat blog pribadi sebagai buku harian (personal diary). Selain dia, ada Jerry Pournelle dan Dave Winer yang memiliki salah satu blog tertua. Blog sendiri berasal dari kata weblog yang dicetuskan oleh Jorn Barger – 17 Desember 1997, yaitu gabungan dari web dan log. Web diturunkan dari kata website (situs di internet) sedangkan log merupakan catatan, sehingga web-log dimaksudkan sebagai catatan di internet. Kemudian weblog lebih lanjut disingkat menjadi blog oleh Peter Merholz – April 1999. Sekarang kita lebih akrab dengan istilah blog untuk menunjuk catatan pribadi seseorang di internet.

Perkembangan blog menjadi sangat pesat sejak tahun 2000, dimana banyak orang mulai berani mengungkapkan buah pikirannya di dunia maya internet dan memperbolehkan orang lain mengetahuinya bahkan mengikuti jejak dengan membuat blog sendiri. Blog benar-benar sudah lintas budaya, gender, usia, pekerjaan, pendidikan, status sosial, negara, suku bangsa, tempat tinggal, dan waktu. Diestimasikan oleh Gartner Consulting dari New York, hingga tahun 2007 sudah ada 100.000.000 blog di dunia maya internet dan jumlah ini akan terus menanjak bahkan diramalkan bisa mencapai 10-20 persen populasi penduduk dunia. Di Indonesia, pada 27 Oktober 2007 diadakan pertemuan blogger akbar bertajuk pesta blogger 2007 yang bertujuan menghimpun dan mendata potensi blogger Indonesia. Acara tersebut digagas oleh Maverick PR consultant bekerjasama dengan Bubu, web design company dan diikuti oleh sekitar 500 blogger bahkan dibuka oleh menkominfo pemerintah republik Indonesia, Mohamad Nuh.

Ada banyak website penyedia tempat orang membuat blog gratis, seperti diantaranya www.blogger.com, www.wordpress.com, www.edublogs.com, atau www.multiply.com. Jika kita hendak membuat blog, prosedurnya sangat mudah dan sederhana yaitu mengunjungi salah satu website di atas lalu silakan mengikuti petunjuk pembuatan blog yang tercantum di website tersebut.

Semakin banyak orang mempunyai blog maka budaya mind exercise (olah pikir) dan mind expression (ungkap pikir) semakin tumbuh subur yang muaranya diharapkan pada kemaslahatan umat manusia. Mind exercise (olah pikir) merupakan salah satu sarana pemanfaatan karunia hakiki manusia dari penciptanya yaitu pikiran. Melalui pemikiran sudah dibuktikan banyak peradaban manusia di dunia berkembang pesat. Tanpa olah pikir terhadap kejadian sehari-hari termasuk semua masalah di dalamnya maka tidak ada solusi dan kemajuan yang dicapai. Ada banyak blog yang sudah menjadi sarana olah pikir untuk berbagai kejadian hidup manusia bahkan sekaligus menawarkan berbagai solusinya.

Mind expression (ungkap pikir) dalam blog juga nampak nyata jika kita mengunjungi berbagai blog pribadi. Di sana tergambar curah pikiran seseorang dan sering juga curah emosinya terungkap jelas. Rasa malu atau rendah diri bukan lagi hambatan untuk membuka diri sejati bagi banyak orang di hadapan publik, tentunya dalam artian positif. Blog juga menjadi sarana komunikasi yang efektif bagi banyak orang terutama para figur publik seperti olahragawan, seniman, aktivis organisasi, bahkan politikus.

Istilah blog-walking sering dipadankan dengan web-surfing untuk menggambarkan aktivitas mengunjungi blog seseorang. Tak jarang satu blog mempromosikan blog lainnya dengan melakukan kaitan (link) sehingga semakin banyak orang yang tahu suatu blog. Apabila kepopuleran suatu blog meroket maka muncul godaan yang jamak terjadi yaitu bisnis iklan. Komersialisasi blog menjadi isu menarik untuk diwacanakan.

Di kartu nama akan muncul baris baru yaitu alamat blog selain alamat-alamat lain. Orang akan semakin bangga atau percaya diri dengan alamat blog di kartu namanya. Sepanjang tidak menjadi sombong yang membuat orang lain tidak suka maka mencantumkan alamat blog di kartu nama adalah baik saja. Hidup bermakna dan bahagia adalah harmoni dengan lingkungan termasuk orang-orang di sekitar kita.

Kapan saya dapat berkunjung ke blog anda dan mengenal pikiran anda lebih jauh?

Tabik,
yak

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home